ANALISIS PENINGKATAN PENJUALAN NOTEBOOK DI WILAYAH MANGGA DUA JAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aditya Immanuel
Widi Ruspitasari
Yunus Handoko

Abstrak

Pandemi Covid-19 pada periode Februari sampai Agustus 2021 dan 8 Februari sampai 24 Februari 2022 pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berksala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Mangga Dua Jakarta adalah pusat perbelanjaan barang elektronik berupa notebook. Pada periode PSBB tersebut dianalisa penjualan notebook, penelitian dilakukan dengan pendekatan metode kualitatif, model kerangka analisis data mengacu model Miles dan Huberman. Sample penelitian berjumlah 10 responden penjual notebook di daerah Mangga Dua Jakarta, teknik sampling menggunakan teknik purposive dan pengambilan data melalui teknik wawancara, hasil wawancara dianalisa melalui descriptive research. Pada periode awal pemberlakuan PSBB dan PPKM sangat mempengaruhi omzet penjualan notebook disebabkan pembatasan jam operasional kerja serta masyarakat dibatasi untuk melakukan transaksi jual beli. Fenomena lanjutan berkembang dimana perilaku konsumen dan penjual bergeser menuju berberbelanja dan berdagang melalui paltform e-commerce. Hasilnya menunjukkan dari 10 responden mengemukakan penjualan melalui e-commerce meningkat dan mampu menutupi biaya operasional toko serta omzet penjualan melalui daring mampu menyamai ozet penjualan secara luring. Selain itu 10 responden mengemukakan ada opsi untuk fokus mengembangkan bisnis melalui daring.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##