PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS WEBSITE, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI MILENIAL KOTA SEMARANG DI E-COMMERCE SHOPEE
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia terus meningkat, menurut penelitian Google, Temasek, dan Bain & Company memprediksi nilai tersebut meningkat menjadi US$ 70 miliar (Rp 996 triliun) pada 2021. Peningkatan transaksi e-commerce yang cukup signifikan ini merupakan salah satu efek dari meningkatnya pengguna internet terutama di kalangan generasi milenial dan generasi Z. Pertumbuhan dari pengguna internet di Indonesia ini juga diimbangi dengan meningkatnya penyebaran pengguna internet di seluruh Indonesia dimana propinsi Jawa Tengah termasuk dalam tiga besar yang mendominasinya. Di Indonesia Tokopedia dan Shopee ialah dua perusahaan e-commerce dengan pangsa pasar terbesar, melihat fakta persaingan e-commerce yang cukup sengit diatas tentunya terdapat variabel penting yang mempengaruhi konsumen dalam menetapkan keputusan untuk membeli atau memilih e-commerce mana yang sesuai dengan harapan mereka. Shopee dengan popularitas dan strateginya yang nyata, dan generasi milenial yang mendominasi penyebab meningkatnya transaksi pembelian di e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas layanan, kualitas website, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada generasi milenial kota Semarang di e-commerce Shopee, baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer melalui kuesioner sebagai metode pengumpulan datanya. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak 135 responden dengan populasi generasi milenial yang pernah menggunakan dan bertransaksi di Shopee. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala likert 5 point, dibuat menggunakan Google Forms, dan disebar secara online melalui WhatsApp. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini ialah kualitas layanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas website berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas layanan, kualitas website, dan brand awareness secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee.