THE INFLUENCE OF PRICE, PRODUCT QUALITY, AND COUNTRY OF ORIGIN ON CONSUMER’S PURCHASING DECISION: EVIDENCE FROM LOCAL COFFEE SHOP IN BANDAR LAMPUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Moelyono Soesilo
Theresia Pradiani
Fathorrahman .

Abstrak

Dewasa ini fenomena terkait konsumen dengan perilakunya tercerminkan dalam dalam aktifitas sehari-hari mereka, sebagai contoh fenomena perilaku konsumen yang sangat lazim dan mudah kita lihat yaitu konsumen memeliki kecenderungan membeli suatu barang. Perilaku konsumen yang irrasional sering kali mendominasi, sehingga keputusan yang dibuat menjadi tidak mendasar dan tidak mempertimbangan kebutuhannya. Contoh sederhana yaitu konsumen lebih sering membeli karena alasan merek produk yang menarik, angka diskon yang terpampang besar pada rak produk, membeli karena produk sedang viral dan banyak orang membeli (demonstration effect), terpukau dengan iklan dan atau konsumen membeli karena nilai prestise yang melekat pada produk tersebut. Dalam kasus keputusan membeli produk kopi yang saat ini sedang diminati masyarakat, terdapat beberapa faktor dalam keputusan membeli kopi. Motivasi penelitian ini adalah untuk menggali faktor-faktor yang menjadi prediktor minat beli konsumen yang ditunjukkan dengan munculnya perilaku secara empiris terhadap produk kopi di Bandar Lampung. Variabel yang digunakan berdasarkan kajian teori dan review penelitian terdahulu yaitu variabel harga, kualitas produk, dan country of origin. Penelitian ini dilakukan pada kedai kopi lokal di Bandar Lampung, teknik pengumpulan data dengan intrumen kuesioner yang dibagikan secara langsung, diperoleh 100 responden konsumen kedai kopi lokal. Analisis data menggunakan teknik yang dianggap sesuai dan mengikuti penelitian sebelumnya yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat uji SPSS versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas produk dan country of origin berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membeli konsumen produk kopi. Country of origin merupakan variabel paling mendominasi pengaruh terhadap keputusan membeli, hal ini karena konsumen sangat mengutamakan cita rasa kopi yang menunjukkan ciri daerah asalnya. Sementara itu, variabel harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan membeli produk kopi. Terakhir, secara simultan variabel harga, kualitas produk, dan country of origin berpengaruh terhadap keputusan membeli produk kopi lokal di Bandar Lampung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##