PENGARUH DAYA TARIK DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN MELALUI EKSPERIENTAL MARKETING DI PANTAI NGUDEL KABUPATEN MALANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nutrika Setya
Agus Rahman A
Theresia Pradiani

Abstrak

Pariwisata mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Salah satunya adalah wisata pantai selatan di kab. Malang yang saat ini sedang banyak diminati wisatawan. Salah satunya adalah wisata Pantai Ngudel. Selain banyaknya Tujuan wisata yang ada di kabupaten malang, peneliti memutuskan untuk memilih Pantai Ngudel sebagai objek penelitian. penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh Daya Tarik dan Fasilitas terhadap Experiental Marketing. 2) pengaruh Daya Tarik dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan, 3) pengaruh Experiental Marketing terhadap Kepuasan Wisatawan, dan 4) Experiental Marketing mempengaruhi Daya tarik dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini ditujukan pada Wisatawan yang Pernah berkunjung maupun sedang berkunjung di pantai Ngudel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Analisa data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh signifikan Daya Tarik dan Fasilitas terhadap Experiental Marketing, 2) terdapat pengaruh signifikan Daya Tarik dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan, 3) terdapat pengaruh signifikan ExperientalMarketing terhadap Kepuasan Wisatawan, 4) Experiental Marketing TIDAK mempengaruhi hubungan antara Daya Tarik dan Kepuasan Wisatawan, 5) Experiental Marketing Mampu memediasi hubungan antara Fasilitas dan Kepuasan Wisatawan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##