STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS SEKOLAH ALAM DENGAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI BHAKTI LUHUR BATU

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Macaria Theresia Laiyan
Tin Agustina
Theresia Pradiani

Abstrak

Dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, seringkali orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus ataupun penyandang disabilitas dalam keluarganya tidak mendapatkan perhatian yang cukup, bahkan cenderung dilupakan secara khusus menyangkut Pendidikan. Hal ini tentu mempengaruhi juga akan masa depan Anak Berkebutuhan Khusus dan Penyandang Disabilitas dalam usaha mencari pekerjaan, karena seperti yang kita ketahui syarat administrasi sangat menentukan bagi pencari kerja termasuk Anak Berkebutuhan Khusus dan Penyandang Disabilitas. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Penyandang Disabilitas yang mengatur tentang persamaan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk memperoleh pekerjaan, pendidikan dan perhatian di masyarakat, namun implementasinya masih jauh dari yang diharapkan. Kondisi demikian menyebabkan orang tua penyandang disabilitas harus bergantung pada lembaga tertentu untuk mata pencahariannya, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi produktivitas kerja secara nasional. Dengan demikian untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana pendidikan dengan konsep sekolah alam  dapat digunakan untuk alternative media pembelajaran dengan menggunakan bentuk pembelajaran yang kreatif dan inovatif . Penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis untuk mengembangkan konsep sekolah alam  di Yayasan Bhakti Luhur  Kota Batu.  Dan bukan  itu saja, melainkan juga   untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana pendidikan dengan konsep sekolah alam  dapat digunakan untuk alternative media pembelajaran dengan menggunakan bentuk pembelajaran yang kreatif dan inovatif .

##plugins.themes.academic_pro.article.details##